Kamis, 23 Oktober 2014

Gula Merah


Jenis Gula Merah
GULA merah kerap kali menjadi pilihan banyak orang untuk memberi rasa manis. Gula merah bahka bisa menjadi pengganti gula pasir guna mendapatkan rasa manis yang alami.
Meskipun begitu banyak jenis gula merah, namun masih banyak pula masyarakat Indonesia belum mengetahui jenis gula merah yang terdapat di pasaran, sehingga aroma manis yang diinginkannya pun tak didapatkan dengan baik.
Nah, berikut ini ada beberapa jenis gula merah yang bisa diketahui jenisnya dan banyak terdapat dipasaran, otomatis masak pun jadi lebih enak:
Gula Jawa
Jenis gula ini kerap kali disebut gula merah. Paling banyak ditemui adalah gula kelapa. Biasanya terdapat pada nira pohon kelapa yang disadap, diolah dan dicetak ke dalam bambu (gula jawa berbentuk silinder) atau tempurung kelapa (gula jawa berbentuk batok). Gula kelapa banyak digunakan masyarakat Jawa untuk bahan baku pembuatan kecap manis, pemanis minuman, dodol, kinca atau kue. Warna cokelatnya lebih tua dibandingkan dengan gula aren dan biasanya agak kotor, sehingga harus disaring dahulu.
Gula aren
Gula aren atau gula kawung hampir sama dengan gula Jawa. Bedanya, gula aren diambil dari nira pohon aren (enau atau kolang- kaling) dan berwarna cokelat cerah.. Bentuknya ada yang silindris dan ada yang berbentuk batok runcing dan biasanya dibungkus dengan daun kelapa kering. Konon, indeks glikemiknya lebih tinggi daripada gula kelapa. Bagaimanapun juga, sebagian orang lebih menyukai gula aren untuk membuat kue karaena dianggap lebih harum, enak dan bersih
Gula semut
Gula semut atau palm sugar atau gula palem adalah gula kelapa atau gula aren dalam bentuk kristal atau bubuk, sehingga kadang juga disebut gula kristal. Penggunaannya lebih praktis karena mudah larut, plus tahan lama karena kering. Gula ini bisa ditambahkan dalam jamu atau minuman hangat, adonan roti, kue, atau makanan lainnya. Bisa juga dijadikan taburan atau pengganti gula pasir.
Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link dibawah
-----
sumber :
http://www.okefood.com
SukaSuka ·  · 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar