Jumat, 19 September 2014

Kisah Diego Frazao Torquato

Air Mata Bocah Ini Mengundang Haru Dunia

Reporter : Eko | Jumat, 19 September 2014 07:45
Air Mata Bocah Ini Mengundang Haru DuniaDiego Frazao Torquato (www.bubblews.com)
Banyak orang yang memandang foto itu, larut dalam sebuah keharuan. Bahkan tak jarang orang yang menemukan foto itu di dunia maya mencari kisah yang menjadi latarnya.
Dream - Mata bocah dalam foto itu merona merah. Air matanya tumpah. Menghiasi tatapan yang hampa. Sementara, tangan bocah itu tengah memainkan biola yang pangkalnya dia jepit di dagu.
Bocah itu adalah Diego Frazao Torquato. Pemain biola asal Brasil yang tengah berduka saat prosesi pemakaman sang guru, John Evandro da Silva, yang tewas akibat kekerasan gengster. Melalui tangis dan nada-nada pilu biola itulah doa-doa untuk sang guru dipanjatkan.
Foto itu telah mengundang simpati publik. Tak hanya di Negeri Samba, tapi juga di berbagai belahan dunia. Banyak orang yang memandang foto itu, larut dalam sebuah keharuan. Bahkan tak jarang orang yang menemukan foto itu di dunia maya mencari kisah yang menjadi latarnya.
Wajar saja Diego menangis dalam prosesi pemakaman Oktober 2009 itu. Sebab, ada ikatan batin yang begitu erat di antara keduanya. Bagi bocah kelahiran 1997 ini, Evandro tak hanya sekadar guru, melainkan juga penyelamat hidup.
Masa kecil Diego memang cukup pahit. Dia tinggal di lingkungan yang keras. Kehidupannya sungguh lekat dengan penyakit, termasuk meningitis dan leukemia. Belum lagi kelaparan. Dan Evandro lah orang yang mengentaskan dia dari belitan hidup yang mendera.
Di tangan Evandro, Diego tumbuh menjadi pemain biola jempolan. Dia kemudian tergabung dalam orkestra Afroreggae binaan Evandro. Meski berbalut penyakit ganas, semangatnya berlatih biola tak pernah pudar.
Melalui orkestra itu pula Diego kerap bermain dalam pertunjukan amal untuk memerangi perdagangan anak-anak. Dia berpartisipasi dan menjadi bintang dalam berbagai konser amal, salah satunya pada Parade de Lucas. Pada Desember 2009, dia juga berpartisipasi dalam konser Rede Globo untuk kampanye yang sama.
Karena kisah hidup yang inspiratif dan aktivitas sosial itulah, Diego menerima penghargaan "Make a Difference Award" dari O Globo pada 2010. Bagi masyarakat Brasil, Diego merupakan "simbol harapan". Harapan untuk memerangi leukemia. Harapan untuk memerangi kekerasan, seperti yang menimpa guru Evandro da Silva.
Namun pada 2010, kesehatannya menurun. Dia mengalami infeksi setelah menjalani operasi usus buntu. Penyakit yang dia derita semenjak kecil pun semakin mengganas. Yang menyedihkan, dia tak mampu melakukan kemoterapi.
Dalam kondisi parah itu, dia masih memelihara asa. Diego tetap ingin mewujudkan mimpi untuk berkeliling dunia dengan biolanya. Namun sayang, tak lama setelah foto legendaris itu diambil, maut terlebih dulu menjemputnya. Angan itu dia bawa hingga ke liang kubur. (Ism, Dari Berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar